Sistem Prasana Wilayah dan Kota

ARTIKEL TENTANG HUBUNGAN ANTARA ACTIVITY, TRANSPORT DAN FLOW

TUGAS MATA KULIAH: SISTEM PRASARANA WILAYAH DAN KOTA

DOSEN : ANITA RATNASARI
DISUSUN OLEH:

INDRA JAYA, S.Kom.

PROGRAM PASCASARJANA

MAGISTER PEMBANGUNAN WILAYAH & KOTA

UNIVERSITAS DIPONEGORO

TAHUN 2007

Permasalahan:

Buat Artikel tentang hubungan activity dan transport yang menghasilkan flow (pergerakan).

Pembahasan:

Sudah menjadi kodrat manusia yang sejak dilahirkan dalam hidupnya manusia tersebut akan selalu saling membutuhkan dan saling mengisi antara satu sama lain, tanpa adanya sikap saling membutuhkan tersebut, maka manusia tersebut hidup bagai terbelenggu dalam ruang dan dimensi yang serba terbatas, tanpa adanya sikap saling membutuhkan, maka manusia tersebut, bagai hidup di hutan belantara tanpa seorang pun yang menemani, kecuali hewan-hewan dan pepohonan yang diam seribu bahasa, yang ada dihutan tersebut. Dan yang paling utama adalah manusia tidak akan bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri tanpa adanya bantuan/ ketergantungan dan interaksi dengan orang lain, karena manusia dilahirkan sebagai mahluk sosial, yang akan saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya, dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Dalam konteks saling membutuhkan dan mahluk sosial itulah makanya manusia akan selalu berinteraksi antara manusia satu dengan yang lainnya, kadang kala untuk memenuhi kebutuhan hidupnya manusia harus melakukan suatu pergerakan dari tempat satu ketempat yang lain, dari daerah satu ke daerah yang lain, dari kota satu ke kota yang lain, bahkan pergerakan yang lebih besar lagi, hingga kebutuhan yang diharapkan oleh manusia dalam memenuhi kebutuhan individunya tersebut akan terpenuhi, sebagai contoh kebutuhan manusia dalam bidang pendidikan, individu dari manusia tersebut tidak akan bisa melaksanakan pendidikan tanpa adanya bantuan dari pihak lain, oleh karena itu mereka akan mencari tempat atau daerah yang melaksanakan kebutuhan mereka dalam bidang pendidikan tersebut, andai kata daerah untuk melaksanakan pendidikan tersebut jauh dari tempat tinggal individu tersebut, maka individu tersebut akan membutuhkan transportasi untuk menuju lokasi tersebut, itu baru satu individu, bagaimana jika individu-individu tersebut lebih dari satu, hal tersebut akan menimbulkan pergerakan-pergerakan yang ramai dari daerah satu ke daerah yang dituju, dalam hal ini adalah tempat pendidikan tersebut, begitu pula dalam hal pemenuhan kebutuhan sehari-hari, dimana individu-individu tersebut akan berkumpul dalam satu tempat yang dinamakan pasar untuk melakukan interaksi antara penjual dan pembeli, ini dapat terjadi jika ada akses transportasi yang menuju kepasar tersebut, dan ini pun akan menimbulkan pergerakan dari tempat dimana individu-individu tersebut berada menuju kepasar.

Contoh nyata yang bisa menjelaskan adannya proses pergerakan tersebut adalah adanya pergerakan dari individu-individu yang akan menuju kampus misalnya kampus UBB (Universitas Bangka Belitung), kampus yang berlokasi di daerah Bukit Intan Pangkalpinang dan berada di tepi Jalan Rasakunda, kampus tersebut berada dipusat kota Pangkalpinang, disini setiap hari senin sampai sabtu terutama pada jam-jam tertentu transportasi menuju ke kampus tersebut sangat padat, mahasiswa berangkat dari tempat tinggal mereka menuju kampus untuk melaksanakan perkuliahan ada yang datang dari dalam kota pangkalpinang sendiri ada juga yang datang dari luar kota pangkalpinang, seperti Mentok, Toboali, Koba dan Sungailiat, dari proses mahasiswa-mahasiswa menuju ke kampus itulah akan menimbulkan pergerakan antara mahasiswa dari daerah yang satu dan yang lain ke tempat perkuliahan tersebut. Itu baru proses bagaimana mahasiswa melakukan pergerakan untuk menuju ke kampus tersebut, begitu juga sebaliknya proses pergerakan mahasiswa yang akan pulang menuju tempat tinggal mereka setelah melaksanakan perkuliahan, terutama pada jam 13.00 dan jam 16.00, arus pergerakan individu-individu yang akan melewati jalan rasakunda tersebut sangat padat, masih banyak contoh-contoh pergerakan lainnya yang terjadi dalam satu wilayah ke wilayah lain, baik pergerakan dalam bidang perdagangan, jasa, industri ataupun pertanian, jadi inti dari semua itu adalah setiap ada aktifitas baik aktifitas yang berupa pendidikan, perdagangan, jasa, pertanian dan lain-lain yang melibatkan orang banyak, menuju suatu tempat atau daerah tempat melaksanakan aktifitas tersebut akan menimbulkan suatu pergerakan atau arus transportasi antara satu tempat ketempat yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: