Layanan Internet Gratis PECC

Sebagai salah satu tuntutan dari percepatan informasi dan komunikasi, maka kami bermaksud untuk menyusul dinas-dinas pendidikan yang telah terlebih dahulu membangun E-Government untuk instansinya.
Diawali dengan semangat serta keinginan yang kuat Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang pada awal tahun 2005 ingin menempatkan posisinya sebagai daerah yang terdepan dalam hal TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) khususnya pada dunia pendidikan. Dukungan yang sangat besar dari Pemerintah Daerah merupakan salah satu faktor terbentuknya PECC (Pangkalpinang Educational Cyber City) ini.
Pembangunan infrastruktur WAN (Wide Area Network) baru serta pemanfaatan kembali infrastruktur WAN (Wide Area Network) yang telah ada, adalah salah salah satu usaha yang dikembangkan oleh Dinas Pendidikan Pangkalpinang untuk mengawali pengembangan sebuah Jaringan PECC (Pangkalpinang Educational Cyber City).
Tidak sedikit kendala yang kami hadapi untuk membangun Jaringan PECC ini. Dari mulai faktor alam serta keterbatasan SDM, tapi kembali lagi pada semangat serta keinginan yang kuat itu akhirnya sedikit demi sedikit, tahap demi tahap yang kami lalui akhirnya pada tanggal 14 November 2006 awal dicanangkan serta diresmikannya Jaringan PECC ini oleh MENDIKNAS R.I.
“Terdepan dalam pengembangan ICT menuju SmartEdu” merupakan visi PECC. Dengan hadirnya PECC (Pangkalpinang Educational Cyber City), beberapa sekolah, kantor-kantor pemerintahan (pemda) berada dalam jaringan WAN PECC. Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang menargetkan pada tahun 2008 semua sekolah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK) negeri dan swasta se-kota Pangkalpinang terkoneksi pada jaringan PECC termasuk semua kantor-kantor instansi dibawah naungan Pemerintah Kota Pangkalpinang.
Adapun fasilitas Jaringan PECC (Pangkalpinang Educational Cyber City) yang sudah bisa dimanfaatkan diantaranya adalah layanan internet, intranet, VOIP dan Hotspot Wireless. Ke depan fasilitas lainnya akan terus dikembangkan diantaranya dengan E-Learning berbasis WEB, Modul, Absensi menggunakan sidik jari, dan masih banyak lagi yang lainnya tentunya berhubungan dengan TIK. Dengan didasari kemampuan finansial sekolah-sekolah yang sangat terbatas untuk dapat mengakses fasilitas dan layanan diatas maka melalui kebijakan Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang Semua fasilitas dan layanan ini tidak dipungut biaya (gratis).
Dengan pemanfaatan layanan internet khususnya secara gratis semua sekolah-sekolah dapat melihat data-data sekolah melalui NPSN (Nomor Pokok Siswa Nasional), data-data siswa melalui NISN (Nomor Induk Siswa Nasional), dan data-data guru melalui NIGN (Nomor Induk Guru Nasional) yang kesemuanya dapat diakses melalui portalnya JARDIKNAS (Jejaring Pendidikan Nasional).
Langkah kami tidak berhenti disini saja, masih banyak yang perlu terus kami benahi. Pemanfaatan PECC (Pangkalpinang Educational Cyber City) ini juga tidak serta merta dapat dipetik hasilnya secara cepat. Mungkin 3 atau 4 tahun ke depan baru benar-benar bisa dirasakan pemanfaatannya.
Semoga dengan langkah konkret yang telah terealisasi ini akan membawa Kota Pangkalpinang menjadi kota yang terdepan dalam TIK khususnya pada bidang pendidikan. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: