Instalasi mambo di PC Ber-OS windows (localhost)

Pengen punya web yang super canggih? tapi pengetahuan tentang pemrograman web masih standar atau gak tau sama sekali. jangan khawatir, kan ada CMS Mambo, kita pasti bisa membuatnya bahkan web portal berita yang super kompleks sekalipun.

BTW Mambo tu apaan sech?

MOS (Mambo Open Source) adalah sebuah Content Management Systems (CMS), atau bisa dikatakan sebuah sofware pembangun web portal instan yang menggunakan bahasa pemrograman PHP. Dengan Mambo kita dapat membuat situs pribadi, situs komunitas, portal berita yang kompleks dalam hitungan menit. Website akan mempunyai sebuah sistem, dimana pengunjung dapat mengirim berita atau artikel, file download, berinteraksi dengan pengunjung yang lain, dan fitur-fitur lain yang dapat ditambah.

Perkakas yang dibutuhkan :

1. Web Server, Untuk Lebih praktisnya kita mengunakan paket instaler untuk OS Windows yang langsung memuat tiga komponen web, seperti : PHP triad , AppServ-win32 atau yang lain. Untuk kali ini kita akan mencoba menggunakan AppServ-win32-2.5.0 yang didalamnya sudah memuat PHP versi 5.0.0, Database MySQL versi 4.0.20, dan Web Server Apache versi 1.3.31. yang kesemuanya dibutuhkan oleh Mambo Open Source. Selain itu juga dalam paket AppServ terdapat paket Zend Optimizer versi 2.5.1, phpMyAdmin database manager versi 2.5.7-pl1, Perl versi 5.8.0. Untuk mendownload aplikasinya dapat mengunjungi http://www.appservnetwork.com

2. Mambo itu sendiri, file ini dapat di download di http://mamboserver.com atau dapat mengunjungi komunitas mambo
indonesia http://mambo-id.com

Tahap Instalasi A. Instalasi AppServ.

    1. Klik ganda ikon setup AppServ-win32-2.5.0.exe maka akan tampil form welcome, untuk melanjutkan instalasi klik Next.
    2. Selanjutnya program akan menanyakan lokasi direktori yang akan dijadikan tempat instalasi, biarkan secara default dan lanjutkan dengan mengklik Next.
    3. Program akan menanyakan type instalasi, pilih Typical saja dan lanjutkan dengan mengklik Next.
    4. Selanjutnya program akan menampilkan form informasi server (nama server, email adminstrator, port HTTP), biarkan secara default dan lanjutkan dengan mengklik Next.
    5. Selanjutnya program akan menampilkan form informasi MySQL (user name, password, charset), isikan dengan user dan password yang dikehendaki misal “root” dan lanjutkan dengan mengklik Next.
    6. Proses instalasi sedang berjalan tunggu sampai selesai, untuk membatalkan instalasi klik cancel.
    7. Setelah proses instalasi selesai maka akan muncul form finished biarkan secara default (check list start apache dan start MySQL terpilih) klik close untuk mengakhiri instalasi.
    8. Untuk mengecek hasil instalasi, jalankan browser (ex: internet explorer), pada bagian address isikan dengan http://localhost/ jika muncul halaman The AppServ Open Project – 2.5.0 for Windows Berarti instalasi telah sukses!!!.

It’s Really Easy way to build Webserver, Database Server with AppServ -) B. Instalasi Mambo

      1. Ekstrak file Mambo Open Source (MamboV4.5.2-Stable.tar) yang telah di download ke dalam document root web Apache. Direktori default work space apache adalah www. Sehingga di dapat path : “C:\AppServ\www\mambo”.
      2. Selanjutnya buat database baru dengan cara: buka internet explorer, pada address ketik http://localhost/phpMyAdmin/ pada field create new database isikan dengan nama database yang akan digunakan misal mambo lalu klik create.
      3. Pada address browser ketik http://localhost/mambo (sesuai dengan nama direktori tempat file mambo diletakkan), maka akan tampil halaman pre-installation check yang berisi informasi setting PHP yang disarankan, permission untuk file dan direktori. Yang perlu diperhatikan adalah tulisan yang berwarna merah, tapi dengan settingan default AppServ Mambo Sudah bisa jalan. Untuk melanjutkan instalasi klik Next.
      4. Selanjutnya akan tampil halaman license yang berisi lisensi dan ketentuan yang harus disepakati untuk menggunakan CMS Mambo. Untuk melanjutkan ke langkah berikutnya pastikan check box I Accept the GPL License terisi, dan klik Next.
      5. Selanjutnya akan tampil halaman Step 1 yang berisi form konfigurasi MySQL.

Note: User name dan password masih default belum dirubah di MySQL jika anda sudah merubahnya silahkan disesuaikan.

  1. bagian Host Name diisi dengan nama host yaitu:”localhost”,
  2. bagian MySQL User Name diisi dengan user name database anda yaitu:”root(user default )
  3. bagian MySQL Password diisi dengan password database, karena pengaturan masih default maka bagian ini dikosongkan.
  4. bagian MySQL Database Name diisi dengan nama database yang dibuat tadi yaitu:”mambo”, dan bagian lainnya biarkan secara default. Jika semua sudah terisi dengan benar silahkan lanjutkan dengan klik Next, maka akan muncul form konfirmasi apabila anda sudah yakin klik OK.
      1. Selanjutnya akan tampil halaman Step 2 yang berisi form site name bagian ini diisi dengan nama situs yang akan kita buat, misal :: Situs Mamboku ::
      2. Setelah mengklik Next maka akan tampil halaman Step 3 yang berisi konfirmasi URL Situs, Path atau lokasi direktori mambo, Email Admin situs, password admin yang digenerate secara random kita dapat merubahnya dengan password yang kita sukai misal : mautauaza, Password tersebut harus diingat! Jangan sampai lupa. Jika semuanya sudah terisi dengan benar atau biarkan secara default saja lanjutkan dengan klik Next.
      3. Selanjutnya akan tampil halaman Step 4 yang berisi informasi untuk login ke halaman administrasi, Username dan Password kita tampilkan?, berarti situs mambo kita berhasil. Lanjutkan dengan klik Administration.
      4. Setelah tombol Administration di klik maka akan tampil halaman Login untuk Admin Situs, Isikan Username dan Password Yang tampil di Halaman Step 4 lanjutkan dengan klik Login.
      5. Untuk melihat tampilan situs mambo yang kita buat, terlebih dahulu direktori Installation yang berada di C:\AppServ\www\Mambo\installation harus dihapus atau direname. setelah direktorinya dihapus/direname, pada halaman adminstrasi klik Site|Preview|In New Window. Atau anda dapat membuka window baru di browser pada bagian Address diisi dengan http://localhost/mambo/index.php.
      6. Insstalasi selesai, Kegiatan selanjunya adalah memanage situs mambo anda, selamat bereksplorasi.

Sampai ketemu di episode mambo berikutnya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: